Profil Masyarakat Desa

Administrator 29 Juli 2013 17:13:36 WIB

Berdasarkan data desa pada bulan OKTOBER 2015, jumlah penduduk Desa Sidorejo sebanyak 4296 orang. Jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 1297 KK(KK Laki-laki 1142, KK  Perempuan 155).

Profil sosial masyarakat

Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Desa Sidorejo sangat taat dalam menjalankan ibadah keagamaan. Setiap Rukung Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) memiliki kelompok-kelompok pengajian. Pada peringatan hari besar Islam, penduduk Desa Sidorejo kerap menggelar acara peringatan dan karnaval budaya dengan tema yang disesuaikan dengan hari besar keagamaan. 

Gelaran perayaan lain selalu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap RT akan turut serta dan semangat menampilkan ciri khasnya dalam acara peringatan dan karnaval budaya.

Kelompok Masyarakat di Desa Sidorejo yang tergabung dalam  Tim Siaga Desa (TSD) menjadi aktor utama dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan tentang Kebencanaan, Kesehatan Perekonomian  kepada warga.

Sejumlah penduduk Desa Sidorejo bekerja merantau di daerah di luar Klaten. Namun, ikatan sosial mereka terhadap tanah kelahiran tetap tinggi. Penduduk asli Desa Sidorejo yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya misalnya, mereka membentuk paguyuban untuk memelihara silaturahmi antar sesama warga perantauan. 

Profil politik masyarakat

Warga Desa Sidorejo dikenal sebagai kelompok masyarakat yang paling aktif dan memiliki potensi tertinggi untuk berpartisipasi dalam pemberian suara untuk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Tingkat partisipasi warga di desa ini terbanyak jika dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Kemalang.

Warga Desa Sidorejo sangat aktif dalam mengawal proses penyusunan Rencana Pembangunan jangka Menengah Desa Sidorejo. Banyak warga Desa yang tergabung dalam Tim Siaga Desa (TSD) dan aktif dalam beragam kegiatan serta demontrasi simulasi bencana Gunung Merapi .

Permasalahan mendasar yang ada di Desa Sidorejo adalah tidak tidak tersedianya  Sumber Mata air, sehingga untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat mengadalkan air tadah hujan, namum jika musim kemarau untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat harus membeli dengan harga antara 150.000 sampai dengan 200.000 per 5000 liter. 

 

Sumber:

Pemerintah Desa Sidorejo

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi SIDOREJO

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung