PESAN GORA SWARA NUSANTARA

Pemerintah Desa Sidorejo 30 Oktober 2016 18:20:13 WIB

PESAN GORA SWARA NUSANTARA

Pentas seni di Lereng Gunung Merapi bertajuk “Gora Swara Nusantara” sengaja digelar sebagai perayaan Hari Sumpah Pemuda ke-88 pada Hari Jum’at, 28 Oktober 2016 di Sabo DAM 1 Kaliworo Dk Karangbutan, Ds Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kab Klaten.. Sekitar 500 seniman Klaten, tua dan muda, menampilkan kebolehan mereka dalam gelaran yang dimulai pukul 14.00 WIB, Kegiatan ini di gelar untuk mengangkat pariwisata di kawasan lereng Merapi, khususnya di Kecamatan Kemalang. Tidak hanya itu, kami juga mengajak warga sekitar merawat air melalui pelestarian alam. Hal itu karena Merapi merupakan sumber air bagi warga yang ada di dataran yang lebih rendah

Gagasan awal dari Ide  " Gora Swara Nusantara “ bukan dari seorang seniman apalagi aktivis tidak pula intelektual ataupun politisi, lebih lebih pemimpin .

Dalam pergumulan2 awal ide selanjutnyapun, bukan dari Tokoh apapun...., tetapi dari masyarakat warga  pelosok di seputaran lereng merapi (Klaten), yang pekerjaan sehari harinya sebagai petani, pengrajin bambu dan tukang batu, pencari pasir atau sekedar buruh.

Para penampil di sini pun bukan seniman dan bukan aktivis. Begitu juga mereka mereka yg berperan besar. Semuanya adalah rakyat biasa yg sehari harinya menjalankan kehidupan dan penghidupan yg sangat biasa pula.

Tetapi pekik polos dan murni, suara teriakan, pesan yang ingin disampaikan rakyat kecil itu terwujud begitu dasyat. Sedasyat ketika Merapi menggelegar.  Ketulusan Rakyat Kecil membuahkan ritual Agung nan Rendah Hati.

Gora Swara bukan lagi dan bukan hanya pertunjukan atau event, tetapi Gerakan dan sebuah Ritual penuh pesan-pesan makna kehidupan, bukan sekedar memberi buaian, tontonan, pertunjukan dahsyat yang kemudian hanya menghasilkan kepuasan mata dan telinga para penonton, serta tepuk tangan.

Ini bagai sebuah gerakan sunyi, khotbah bisu tanpa kata, atau ajakan dengan diam....

Tapi pesan yang sengaja disampaikan adalah rangkaian tembang-tembang kearifan, syair-syair budaya dan berkebudayaan, hentakan-hentakan sikap keberanian untuk berbuat dan berkarya nyata dengan menampilkan simbol-simbul dari sikap sehari hari,persoalan - persoalan sehari yang seharusnya mampu diselesaikan sendiri....,jauh dari sebuah eksistensi yang dipaksakan.

Entahlah......

Apakah yg kami suarakan ini akan terdengar?,

Apakah pesan suci ini tersampaikan?, atau pentas kami akan ditepuk tangani?

Kita hanya berani melakukan, menujukan kecintaan kami, syukur kami pada Tuhan, kapada sesama makhkluk Tuhan berupa Alam, kehidupan, pasir, batu, tanah, air, tumbuhan, binatang, sesama manusia serta makhluk diluar jangkauan mata/mata batin kita.... melalui Pekik Gora Swara Nusantara.

Dan.....

Dibalik itu semua, kita sama-sama berharap apa yang tersuguhkan, yang tersuarakan, yang kita lakukan tidak sekedar MANDEG pada tepuk riuh penonton, apresiasi dan sambutan pemerintah dan masyarakat, atau koleksi-koleksi foto yang terpampang di bingkai-bingkai.

Lebih dari itu, kita semua berharap, semoga..... Kita semua benar-benar bisa menjaga ayat-ayat suci Tuhan,  berupa alam, menjaga keindahan dalam berkehidupan sesama makhluk, menjaga kebersamaan, keutuhan dan persatuan masyarakat Klaten, melalui sila-sila, pasal-pasal kebijakan pemerintah dan pemangku kepentingan tentang lingkungan hidup, ekonomi kerakyatan, pariwisata, kebudayaan yang berpihak baik kepada rakyat, serta ketauladanan dari semua pihak.

Sehingga.... GORA SWARA NUSANRARA bukan sekadar event, ritual, atau acara tahunan tanpa makna pesan, yang mudah hilang bersamaan dengan selesainya acara......

Bukan.... Bukan itu tujuan  yang sebenarnya...

Untuk itu....

Atas nama kita semua, yang terlibat langsung maupun tidak langsung, pemerintah Kabupaten Klaten,  diucapkan terimakasih setulus-tulusnya, hanya Tuhan yang mampu membalas keikhlasan semua yg terlibat, yang mendukung, yang mendokan atas terlaksananya GORA SWARA NUSANTARA dengan balasan yang setimpal

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi SIDOREJO

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung