KIRAB WULU PAWETU LERENG MERAPI DESA SIDOREJO

Pemerintah Desa Sidorejo 07 Agustus 2016 22:01:47 WIB

KIRAB WULU PAWETU LERENG MERAPI DESA SIDOREJO

 

Sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa tengah, Desa yang hanya berjarak 4 kilometer dari puncak Merapi, pada Hari Senin Pon Tanggal 23 Juni 2016 diselenggarakan KIRAB WULU PAWETU Sebuah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Masyarakat Desa Sidorejo yang sudah ada sejak jaman dahulu sampai dengan saat ini. Dalam kegiatan ini dipentaskan beberapa kesenian tradisional serta upacara budaya bertajuk Kirab Budaya diantaranya pagelaran wayang kulit, seni karawitan, Tari Gambyong, kesenian Hadroh, Seni tari Jathilan, Drum Band dari Siswa-Siswi SDN Sidorejo. Sebagai puncak acara dilaksanakan Kirab Gunungan hasil bumi Desa Sidorejo dimulai dari Pesanggrahan Pakubuono X menuju  makam Ngajaran petilasan Ki Hajar Merto Eyang Gotro atau Ki Mloyopati dan berakhir di pelataran Panggung Hiburan Deles Indah untuk diperebutkan oleh masyarakat.

 

Dengan diselenggarakan KIRAB WULU PAWETU sebagai kearifan lokal yang ada di bumi lereng Merapi ini diharapkan mendapat perhatian serius dari Pemerintah Daerah  dalam hal ini dinas pariwisata Klaten agar bisa menjadi aset wisata Merapi yang bisa dibanggakan.

 

“Di era tahun 80an keindahan Obyek Wisata Deles di puncak Merapi sangat terkenal, namun nama itu saat ini tinggal legenda, karena tidak ada perhatian dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata terlihat dari kian rusaknya akses jalan menuju Obyek Wisata Deles Indah serta rusaknya fasilitas-fasilitas lain seperti Pesangrahan Pakubuono X, Panggung Hiburan, Gedung Pertemuan Mah Ijo, Taman Bermain anak gardu pandang dll. Dengan moment ini kami berharap Bupati Klaten, mau menggarap potensi wisata lereng Merapi agar bisa menjadi obyek wisata andalan Klaten. Alam yang indah, hutan, puncak Merapi hawa yang sejuk serta kesenian daerah, jika digarap Klaten akan punya obyek wisata sekelas Kaliurang, Cepogo atau Tawangmangu, sehingga dapat mendukung pertumbuhan perekonomian Masyarakat

Komentar atas KIRAB WULU PAWETU LERENG MERAPI DESA SIDOREJO

Jainu 07 Agustus 2016 22:50:16 WIB
Sidorejo OKE

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi SIDOREJO

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung