MENYULAP ANGKONG MENJADI SAPI

Pemerintah Desa Sidorejo 22 Februari 2016 22:59:03 WIB

Menyulap Angkong menjadi  Sapi

 

Dukuh Bono Kidul RT 10 RW 05 terletak di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Penduduk sangat  padat, dengan kondisi wilayah tanah bercadas, karena terletak di sekitaran aliran lahar hujan Kaliworo Gunung Merapi Jawa Tengah, masyarakat Dukuh Bono Kidul mayoritas bekerja sebagai penambang pasir batu kali. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada musim kemarau Masyarakat mengandalkan air Tadah Hujan, namun hanya bertahan untuk beberapa Minggu/Bulan saja, di karenakan keterbatasan bak Penampungan Air Hujan (PAH) untuk  masing-masing Rumah Tangga, untuk kekurangannya dengan cara membeli lewat tangkir air dengan harga sekitar Rp.100.000,- s/d 130.000,/5.000 Liter untuk memuhi kebutuhan air bersih sekitar 2 minggu untuk setiap Rumah Tangga .

Berangkat dari permasalahan tersebut pada tahun 1986 atas dasar gagasan Tokoh Masyarakat Bono Kidul (Pak Jinu) dengan didukung oleh masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan Bak penampungan air Hujan (PAH) maka dibentuk paguyuban arisan semen dan tenaga (arisan Pembangunan) yang beranggotakan 10 orang (awal terbentuk) Arisan berupa iuran semen 1 Sak dan tenaga selama 1 minggu dan iuran Anggota sebesar Rp. 2.000,- setiap pertemuan sebagai modal awal untuk membeli angkong/Gerobak sorong guna mempermudah kegiatan,  angkong tersebut juga disewakan untuk  menggali kas kelompok arisan.

Arisan  di undi(dikopyok) setiap 1 bulan sekali dan mengedepankan kesiapan swadaya bagi penerima Perguliran.

Arisan semen dan tenaga  (arisan Pembangunan) masih bertahan sampai dengan saat ini, semua anggota telah memiliki PAH dan rumah permanen dan 3 buah angkong dari hasil arisan maka kegiatan bisa berbentuk apapun sesuai kebutuhan anggotanya, bahkan bisa diundang(di BON) oleh masyarakat sekitar dengan cara mengisi kas Kelompok sebagai Kompensasi dari perkerjaan/Tenaga yang diterima.

Arisan semen dan tenaga (arisan Pembangunan) Dukuh Bono Kidul saat ini telah memiliki aset berupa 3 ekor sapi  dari hasil menyewakan 3 Buah Angkong dan iuran rutin anggota.

Mudah-mudahan kegiatan tersebut mampu menginpirasi Kelompok-kelompok masyarakat Desa Sidorejo . Dengan semangat kekompakan, semangat kegotong-royongan KITA PASTI BISA

 

Info.

Web                 : sidorejo-klaten.sid.web.id 

Amail              : sidorejokemalang@gmail.com

 Facebook        : pemdes sidorejo kemalang klaten    

Komentar atas MENYULAP ANGKONG MENJADI SAPI

wawnsetiawan 10 April 2016 17:43:50 WIB
goog job maju terus pantang mudur bono sidorejo is the best

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi SIDOREJO

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung